0
Selamat pagi kebabbras, lagi-lagi kami disini akan memberikan sedikit tips atau info yang semoga bermanfaat bagi teman-teman penyuka kuliner. info pagi ini adalah mengenai cara membuat kue, jajanan, makanan supaya bisa lebih awet atau tahan lama.

Banyak dari orang yang berpikiran bahwa cara mengawetkan makanan pasti dengan cara ditambahkan bahan kimia seperti borax maupun formalin, dimana bahan- bahan tersebut sangatlah berbahaya apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak dan terus menerus untuk kesehatan badan. Hal tersebut tentunya sangat merugikan bagi konsumen penyuka makanan kuliner dan kadang tidak mengetahui kalau makanan yang mereka beli telah terkandung bahan-bahan kimia berbahaya tersebut.

Berikut beberapa cara mengawetkan makanan tanpa menggunakan bahan pengawet:

1. Dengan dikeringkan

   Dengan cara ini bahan makanan yang biasanya hanya bertahan dalam hitungan jam saja bisa bertahan hingga berminggu-minggu, meski cara pengeringannya juga tidak sembarangan supaya beberapa kandungan vitamin tidak hilang waktu proses pengeringan. biasanya metode ini digunakan untuk dijadikan keripik.

2. Dengan diasinkan atau dimaniskan

   Dengan cara ini bahan makanan juga bisa bertahan lebih lama dari umur standarnya yang biasa cuma beberapa hari sudah basi. metode pengasinan ini biasa digunakan untuk pengawetan telur dan ikan, sedang untuk pemanisan biasa digunakan untuk sayuran dan buah yang biasa disebut manisan.

3. Dengan dibekukan

   Ini metode dengan cara paling mudah, hanya tinggal dimasukkan ke dalam plastik yang steril terlebih dahulu dan ditutup kemudian tinggal dimasukkan ke dalam freezer atau tempat pendingin makanan. metode ini sering juga disebut frozzen food. Dengan cara ini makanan pun bisa bertahan lebih lama dibandingkan jika makanan tersebut hanya didiamkan di suhu ruang.

Itu merupakan beberapa cara mengawetkan makanan dari kami, jika ada cara lain yang mungkin para kebabbras tau bisa saling share juga disini. Terima kasih atas kesempatan dan waktunya untuk membaca-baca tulisan dari kami. Selamat beraktifitas kembali.

Posting Komentar

 
Top