0
Beberapa manfaat tahu yang jarang kita ketahui

Tahu merupakan jenis makanan yang terbuat dari olahan kedelai dan menjadi salah satu andalan untuk memperbaiki gizi karena tahu memiliki kandungan protein nabati yang sangat baik untuk kesehatan. Di kalangan masyarakat tidak sedikit yang meremehkan bahkan menganggap tahu cuma makanan tidak berkelas, namun anda akan kaget jika mengetahui beberapa manfaat bagi tubuh jika kita mengkonsumsinya.



Berikut manfaat tahu bagi kesehatan tubuh


  1. Menyembuhkan penyakit diabetes. Diabetes merupakan penyakit yang disebebakna meningkatnya kadar gula dalam tubuh. Untuk dapat mencegah dan mengobatinya dapat dilakukan secara alami salah satunya dengan banyak mengkonsumsi tahu dikarenakan tahu mempunyai kandungan protein yang baik untuk menurunkan kadar gula darah, sehingga dapat menurunkan resiko diabetes.
  2. Mencegah osteoporosis. Seperti kita ketahui tahu merupakan jenis makanan nabati yang banyak mengandung protein dan sumber kalsium. Kalsium ini yang dapat membantu dalam meminimalisir terjadinya perngeroposan tulang atau sering disebut osteoporosis.
  3. Menurunkan Berat Badan. Bagi yang sedang menjalani program diet jangan ragu untuk mengkonsumsi tahu sebagai menu pengganti makanan pokok atau protein hewani. Berdasarkan penelitian bahwa mengkonsumsi tahu secara rutin dapat menurunkan berat badan.
  4. Menurunkan Kolesterol tinggi. Sama dengan solusi menurunkan berat badan tahu juga bisa berfungsi untuk mengurangi asupan kolesterol dan lemak jenuh yang kita konsumsi dari sumber makanan protein hewani. Dengan menurunkan kolesterol dalam tubuh dapat mengurangi resiko penyakit jantung koroner.
  5. Meningkatkan Produksi Energi. Untuk dapat melakukan aktifitas dengan baik dibutuhkan asupan gizi. Dengan mengkonsumsi tahu anda bisa menyediakan sumber zat besi sekitar 30% kebutuhan harian yang direkomendasikan per 100gram. Kandungan zat besi dalam tahu dapa digunakan sebagai bagian dari hemoglobin yang akan membantu proses ransortasi dan pelepasan oksigen sehingga produksi energi meningkat.


Demikian beberapa manfaat tahu yang jarang kita ketahui. Maka jangan tunda lagi segera konsumsi sebagai alternatif makanan harian anda.

Sumber: www.deherba.com

Posting Komentar

 
Top